Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) adalah salah satu dari Fakultas yang ada di lingkungan Universitas HKBP Nommensen yang berkedudukan di Pematang Siantar dan yang merupakan unsur pelaksana sebagian tugas pokok dan fungsi dari Universitas. Dalam hal ini yang khusus bertugas menghasilkan tenaga pengajar yang terampil dan bertanggung jawab dalam tugasnya sebagai guru, pendidik di sekolah lanjutan dalam berbagai bidang studi. Untuk tugas dan fungsi ini, FKIP harus melaksanakan, mengembangkan dan membina program pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat menurut bidang ilmu pendidikan.

FKIP UHN didirikan pada tanggal 1 September 1962 dengan dua (2) jurusan, yaitu : Jurusan Pendidikan Umum dan Jurusan Sastra dan Bahasa Inggris. Pada tahun 1964 dibuka jurusan yang baru, yaitu Jurusan Civil/Hukum. Pada tahun 1965 dibuka dua (2) jurusan lagi yaitu Jurusan Pendidikan Agama Kristen (PAK) dan Jurusan Sastra dan Bahasa Jerman. Pada tahun 1973 dbiuka Jurusan Sastra dan Bahasa Indonesia, dan pada tahun 1976 dibuka Jurusan Ekonomi.

Pada tahun 2007 pemerintah melalui Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia menetapkan FKIP UHN sebagai salah satu Perguruan Tinggi Penyelenggara Sertifikasi Guru Dalam Jabatan sesuai SK Nomor 057/O/2007 tanggal 13 Juli 2007. Kemudian pada bulan September 2007 Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menetapkan FKIP Universitas HKBP Nommensen sebagai salah satu pemenang Hibah Sistem PPL dan Lab Microteaching melalui surat No. 2195/D/T/2007. Penandatanganan kontrak pengadaan peralatan Lab Microteaching telah dilaksanakan oleh pimpinan universitas dengan pihak Dirjen Dikti pada tanggal 19 September 2007 di Jakarta.

FKIP UHN Pematang Siantar berdiri sejak tahun 1962, memiliki 8 (delapan) Program Studi berstatus Terakreditasi. Kedelapan Program Studi tersebut adalah:
  1. Pendidikan Bahasa Inggris

  2. Pendidikan Bahasa Indonesia

  3. Pendidikan Bahasa Jerman

  4. Pendidikan Ekonomi Akuntansi

  5. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN)

  6. Pendidikan Agama Kristen (PAK)

  7. Pendidikan Matematika

  8. Pendidikan Fisika

   
FKIP pada tahun 2007 juga membuka kelas di Kampus UHN Medan untuk Program Studi :
  1. Bahasa Inggris

  2. Matematika

  3.Fisika

  4. Bahasa Indonesia


FASILITAS
  1. Memiliki Gedung Auditorium yang megah, dengan daya tampung 999 orang

  2. Laboratorium bahasa dan komputer

  3. Perpustakaan kapasitas 250 orang

  4. Sarana olah raga dan latihan praktek profesi

  5. Gedung dan ruang kuliah

  6. Laboratorium School (SMA Kampus FKIP UHN) sebagai tempat praktek pemantapan profesi guru

  7. Kerjasama dengan luar negeri

  8. Poliklinik mahasiswa

  9. Berbagai Model Baru Pembelajaran Kolaboratif

  10.Pembinaan kecerdasan spiritual di ruang kuliah, kantor dan kebaktian/penjemaatan di Aula

  11. Kunjungan dosen tamu dari perguruan Tinggi terkemuka dalam dan luar negeri


INFORMASI LAPANGAN PEKERJAAN

1. Program Studi Bahasa Inggris
Selain menjadi guru, lulusan dapat bekerja di Kedutaan Besar Negara Asing, Perusahaan Asing, Parawisata, Penterjemah, Membuka Kursus (Wiraswasta) dan lain-lain.

 

2. Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman
Selain menjadi guru, lulusan dapat bekerja di Biro Perjalanan Staff di Kedutaan Besar Asing. Universitas HKBP Nommensen telah menjalin kerjasama dengan 2 (dua) travel biro yang terkenal di Medan dan 1 (satu) travel biro besar di Jakarta.

 

3. Program Studi Bahasa Indonesia
Selain menjadi guru, lulusan dapat bekerja di penerbit surat kabar (Pers) dan percetakan.

 

4. Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Selain menjadi guru, lulusan dapat bekerja di Instansi Pemerintah (Departemen Agama), Pelayanan Jemaat.

 

5. Program Studi Pendidikan Akuntansi
Selain menjadi guru, alumni dilatih berbagai program seperti program ketrampilan komputer akuntansi untuk perusahaan kecil, menengah, dan besar.

 

6. Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan
Selain menjadi guru, lulusan juga banyak bekerja di instransi pemerintahan.

 

7. Program Studi Pendidikan Matematika
Alumninya masih sangat dibutuhkan (SD, SLTP, SMU/SMK, Perguruan Tinggi) di masa depan. Bidang pekerjaan lainnya: analisa statistik, penelitian, guru private dan aktuaris.

 

8. Program Studi Pendidikan Fisika
Sesuai zaman teknologi canggih ini lulusan fisika sangat dibutuhkan di berbagai bidang selain guru seperti guru private, laboran dan peneliti, sarjana fisika tergolong langka di negara ini.